Jumat, 19 September 2014

Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Wira Bhakti Denpasar

Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Wira Bhakti Denpasar
Dewasa ini dunia usaha dan industri di Indonesia sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Demikian juga halnya di daerah Bali semakin banyak orang yang sadar menjadi pengusaha. Meningkatnya jumlah pengusaha tentu berpengaruh baik pada meningkatnya jumlah lapangan pekerjaan terutamanya dalam bidang keuangan. Nah melihat dari prospek tersebut, maka SMK Wira Bhakti Denpasar juga membuka jurusan Kompetensi Keahlian Akuntansi yang tujuannya adalah ikut serta dalam menyiapkan dan mencetak SDM yang handal di bidang akuntansi sehingga siap untuk dipekerjakan di ruang lingkup pekerjaan Akuntansi.

1.   Definisi
Yang dimaksudkan dengan Keahlian Akuntansi dalam hal ini terbatas pada cakupan keahlian sebagai Teknisi Akuntansi (Pembantu Akuntan) sesuai dengan rumusan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk bidang Teknisi Akuntansi. Bidang Teknisi Akuntansi meliputi dua jenjang yaitu Teknisi Akuntansi Pelaksana dan Teknisi Akuntansi Penyedia.

Kompetensi keahlian Akuntansi yang dijabarkan dalam panduan ini mengacu pada kompetensi keahlian untuk jenjang Teknisi Akuntansi Pelaksana, yaitu dapat bekerja sesuai dengan prosedur dan dibawah bimbingan/pengawasan. Ditambah beberapa kompetensi penunjang yang relevan, setingkat dengan kemampuan Teknisi Akuntansi Penyelia yaitu dapat bekerja sesuai prosedur secara mandiri, serta bekerja dalam tim.

2.   Tujuan
Tujuan Kompetensi Keahlian Akuntansi adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam mengerjakan tugas
a.    Menerapkan prinsip praktik profesional dalam bekerja
b.    Menerapkan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja
c.    Melaksanakan komunikasi bisnis yang efektif
d.    Melaksanakan prosedur  administrasi dokumen transaksi
e.    Memproses dokumen dana kas kecil
f.     Memproses dokumen dana kas di bank
g.    Memproses entri jurnal
h.    Memproses buku besar
i.     Mengelola kartu piutang
j.     Mengelola kartu persediaan
k.    Mengelola kartu aktiva tetap
l.     Mengelola kartu utang
m.  Menyajikan laporan harga pokok produk
n.    Menyusun laporan keuangan
o.    Menyiapkan surat pemberitahuan pajak
p.    Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
q.    Mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi

0 komentar:

Posting Komentar